Skip to main content

Begini cara meruqiyah diri sendiri


Assalamu alaikum, Kali ini kami akan membahas tentang cara merukiyah diri sendiri


Nah sebelum itu saya akan membahas sedikit dulu tentang apa prinsip dari ruqiyah itu sendiri yaitu dengan niat kita dalam melindungi diri dari penyakit yang ada didalam diri kita baik fisik dan non fisik maka dengan itu kita hanya membaca al-quran atau do'a dari hadits. Antara Ruqiyah dan membaca al-quran biasa, dari sini kita tentu dapat membedakannya dari 2 arti kata tersebut. Jika kita me-niatkan untuk meruqiyah dengan hanya mebaca alquran kita sudah dapat meruqiyah.


Adapun beberapa adab yang bisa kita lakukan saat ingin melakukan ruqiyah,
  1. Kita dianjurkan untuk keadaan suci, ketika akan membaca kalimat thayyibah, maka kita berwhuduh terlebih dahulu.
  2. Dengan niat ruqiyah kita sambil membaca ayat al-quran yang sering dibaca ketika hendak meruquyah seprti dua ayat terakhir al-baqarah, ayat kursi, surat al-falaq, al ikhlas, annas dan ayat2 lainnya.
  3. Kita dapat Menggunakan doa yang pernah diajarkan oleh nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Selanjutnya apa yang dilakukan?
  • Kita meletakkan tangan kita pada tubuh kita yang sakit lalu membaca "bismillah" 3X setelah itu kita membaca doa yang ada dibawah 7x  ==>أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ <==


(Auudzu biizzatillahi wa qudratihi min syarri maaa ajidu wa uhazziruu)


Adapun dalilnya yaitu:
Dari utsman bin abil ash radiyallahu anhu mengatakan bahwa aku pernah mengadukan rasa sakit yang ada dibadanku pada Rasulullah SAW dan rasulullah SAW menyuruhku meletakkan tanganku pada tubuhku yang sakit tepat berada diatasnya lalu Rasulullah SAW mengajarkanku doa diatas (Hr. muslim 5867 dan ibnu hibban 2964).

  • Baca 6 surah ruqiyah
Surah dan ayat untuk ruqiyah yang digunakan sesuai sunnah rasul:
  1. Baca Surah Al-Fatihah
  2. Baca Ayat Kursi
  3. Baca surah Al-kaafirun
  4. Baca Surah An-Nass
  5. Baca Surah Al-falaq
  6. Baca Surah Al-Ikhlas
Pada ayat dan surah diatas masing2 dibaca 3x dan ditiupkan ke telapak tangan bisa juga ditiupkan ke air, masing2 tiupan 3x per ayat atau surah.

Setelah itu usapkan dari ujung rambut sampai ujung kaki untuk mendeteksi sumber rasa sakit, menggunakan telapak tangan yang ditiiup2kan dengan bacaan atau surah diatas.

Dengan penuh keyakinan setelah sudah mendeteksi rasa sumber sakit pada badan kita biasanya kita mengamalami sakit pada bagian tertentu atau mengalami hal2 seperti dibawah ini :
  1. Rasa panas
  2. Rasa dingin
  3. Mual dan muntah
  4. Bersendawa
  5. Kesemutan
  6. Merinding
  7. Ingin Buang air besar/kecil
  8. Badan kita bergerak sendirinya.
Yang perlu dilakukan ketika muncul gajala ini adalah terus usapkan dengan telapak tangan kita ke badan kita sambil membaca ayat kursi, bacalah terus menurus sampai rasa sakit hilang.

Dengan penuh keyakinan dengan ini kita dapat menghilangkan rasa sakit pada badan dengan diri sendiri.


Sebaiknya kita harus melakukan ruqiyah mandiri pada diri kita sendiri secara rutin atau berulang2 hingga keluhan anda benar2 hilang.

Dengan ayat2 diatas tersebut bisa juga dilakukan untuk meruqiyah kendaraan,kantor,rumah ataupun tempat lainnya.

Caranya: kita hanya membacakan ayat2 ruqiyah diatas tsb lalu ditiupkan3x ke air lalu dimasukkan kedalam ember atau baskom, setelah itu masukkan air kedalam semprotan dan disemprotkan pada sesuatu yang diruqiyah seperti comtohnya rumah, kita semprotkan ke semua ruangan rumah seperti di dinding dan lantairuangan tersbut.

Jadi, sebagai kesimpulannya bacaan ruqiyah harus kita niatkan meruqiyah bukan yang lain2 karena dalam kedudukan niat itu sangatlah penting.

Catatan: dengan kondisi hati kita sangatlah penting untuk menentukan kekuatan ruqiyah, semakin tinggi tawakkal seorang ketika hendak meruqiyah maka semakin besar pula peluang kita untuk dikabulkan oleh allah. Dengan tawakkal pada allah dan perbesar "husnudzan"(prasangka baik) bahwa allah betul-betul dapat menyembuhkannya.

Mungkin itulah cara meruqiyah diri sendiri yang kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.. Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Kiamat Semakin Mendekat 2019

Keutamaan membaca Al-quran dan cara Membaca Al-quran bagi pemula

Ikuti Facebook Kami